Wednesday, April 16, 2008

Ke Ketahun (2)

Memang banyak melakukan perjalanan itu banyak hikmahnya, terutama merambah dunia baru, lingkungan baru dengan orang-orang baru yang beragam. Ketahun, sebuah kecamatan yang ada di ujung utara Kabupaten Bengkulu Utara contohnya, sedikit banyak menambah wawasan dan pengalaman baru yang berharga buatku.

sekitar 20 tahun yang lalu kawasan itu belum banyak dilirik orang, hanya orang-orang yang terpaksa aja yang mau tinggal disana.Betapa tidak-meskipun berada di daerah pesisir pantai yang cukup indah, Ketahun seperti wilayah lainnya di Bengkulu merupakan daerah rawan gempa bumi dan tsunami, belum ada listrik dan merupakan hutan belantara, sepi, sunyi dan mencekam..

Namun semua berubah dengan cukup pesat,, salut dengan para transmigran asal Jawa. Mimpi-mimpi mereka untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik di tempat lain dengan bermodal 2 hektar tanah yang dikasih pemerintah benar-benar terwujud disana..
kehidupan mereka jauh lebih baik, setidaknya itu yang diakui oleh masyarakat disana. Seperti sosok Mas Wahid (di foto yang ditengah, bersama istri dan putri pertamanya), lulusan pesantren gontor itu bahkan tidak sekedar mencari kehidupan ekonomi yang lebih baik, namun lebih jauh dari itu, disana beliau membangun sebuah pesantren dan giat bedakwah disana..(bersambung)

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Dieta, I hope you enjoy. The address is http://dieta-brasil.blogspot.com. A hug.