Monday, September 1, 2008

Ramadhan Datang Lagi

Seingat saya, baru semalam atau baru tahun ini Majelis Ulama Indonesia agak terlambat menetapkan keputusan tentang kapankah 1 ramadahan itu tiba. Menjelang Shalat Isya keputusan itu pun belum keluar, kata berita di TV itu karena ternyata terdapat kesulitan untuk bisa melihat hilal dari 5 tempat peneropongan yang ada di Indonesia sejak sore hari hingga malam tasi, semuanya terganggu dengan kondisi cuaca yang berawan sehingga menghalangi pengamatan hilal yang dilakukan oleh para pengamat, sehingga MUI pun baru kali ini lambat.

Akhirnya saya pun berangkat Shalat Tarawih ke Mesjid semalam, dengan mendasarkan pendapat kepada Dewan Tarjih Muhammadiyah yang telah menetapkan lebih dahulu bahwa 1 ramadhan jatuh pada hari ini, 1 September 2008 dengan metode hisab. Namun saya sempet tersenyum sedikit di mesjid yang saya shalat didalamnya karena ternyata juga sudah menetapakan bahwa malam tadi malam pertama pelaksanaan shaat tarawih sekaligus menandakan tibanya 1 ramadhan 1429 H padahal sepengetahuan saya suka agak berbeda dengan Muhammadiyah (mesjid di lingkungan rumah saya condong ke Persis) tapi baguslah..=)

dan tambah kaget lagi..semalam itu telah terpecahkan satu rekor baru di Mesjid itu (mesjid Adzikro) karena jumlah jamaah shalat tarawih yang hadir meleber tumpah ruah sampai keluar mesjid..sehingga mamah saya aja sampai kedinginan sepulang dari mesjid.."wuh tadi tiris pisan diluar,tambah barudak rarecok wae.." begitu katanya. dan satu lagi..yang meleber tumpah ruah hingga kehalaman mesjid itu ibu-ibunya aja sama remaji-remaji pemudi (remaja putri)..mestinya kan bapak-bapak sama pemuda-pemuda yang lebih banyak..secara mereka yang lebih dianjurkan ke mesjid, tapi itulah yang terjadi semalam,,mala pertama bulan ramadhan ini yang menyimpan satu kesan baru dalam hidup saya..





No comments: